Wednesday 2 September 2009

RIWAYAT WINDOWS

Microsoft adalah salah satu raksasa pembuat perangkat lunak(software) didunia. perusahaan ini menjadi perusahaan yang kaya karena sistim operasi yang dibuatnya menjadi andalan bagi hampir seluruh masyarakat pengguna komputer di dunia. Sistim operasi yang terkenal adalah microsoft windows. Windows mulai dikenalkan oleh microsoft pada tahun 1985. hingga kini, sistim operasi windows merupakan sistim operasi favorit masyarakat pengguna komputer disamping sistim operasi yang lain.

WINDOWS 1.0 TAHUN 1985
Microsoft mengeluarkan sistim operasi yang berbasi GUI(Grafical User Interface), generasi pertama yang dikenal dengan nama Microsoft Windows 1.0 sebenarnya windows 1.0 belum menjadi sistim operasi yang lengkap. Tapi hanya merupakan sistim operasi yang dapat melengkapi fasilitas-faslitas yang diberikan oleh sistim operasi MS-DOS. kelebihannya dibandingkan dengan MS-DOS biasa adalah kemampuannya untuk menjalankan leih dari satu program secara bersamaan (multitasking). walaupun dapat dijalankan secara bersamaan, program - program tersebut tidak dapat aktif secara bersamaan, dengan kata lain jika salah satu program yg sedang aktif bekerja, program yang lain akan berhenti untuk sementara sampai diaktifkan kembali. kelebihan lainnya adalah penggunaan mouse baru bisa digunakan pada sistim operasi ini. program - program tambahan yang termasuk dalam sistim operasi MS. WINDOWS 1.0 adalah paintbrush, Windows Write(cikal bakal ms..word), nitepad, calculator, Cardfile, dan clipboard. sebagai sarana untuk game. Windows 1.0 menyertakan sebuah game bernama reversi. Windows 1.0 kurang disukai oleh masyarakat karena belum banyak program-program aplikasi yang dapat diinstall pada sistim operasi ini.

WINDOWS 2.0 - TAHUN 1987
Windows 2.0 mulai iperkenalkan untuk menggantikan versi 1.0. pada versi ini, penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan sehingga Windows 2.0 mampu menampilkan resolusi yang lebih baik dari versi sebelumnya. program aplikasi tambahan yang disertakan adalah microsoft excel dan microsoft word. selain itu program aplikasi yang mulai dapat diinstall pada sistim operasi ini adalah coreldraw dan pageMaker.

WINDOWS 3.X (3.0 DAN 3.1) - TAHUN 1990
Versi ini merupakan versi ketiga dari sistim operasi yang berbasis GUI dan merupakan sistim operasi Windows yang tersukses dipasaran. sejak dirilisnya versi ini banyak pengembang -pengembang perangkat lunak (software)berlomba untuk membuat software yang dapat dijalankan oleh sistim operasi ini.
berikut adalah beberapa keunggulan dan fitur yang terdapat didalam Windows 3.X

1. Tampilannya lebih cantik dari versi sebelumnya
2. Versi ini dapat menjalankan banyak program secara bersamaan (multitasking)
3. Fitur multimedia mulai diperkenalkan walaupun hanya sedikit format media yang dapat dijalankan, seperti MIDI, Wave Audio, dan CD Audio.
4. Dengan adanya Fitur True Type Font (TTF), Pengguna komputer dapat mencetak hasil kerja dengan huruf yang sesuai dengan tampilan yang ada dimonitor.
5. Jika pada Ms-DOS kombinasi tombol keyboard [Ctrl+Alt+Del] dapat digunakan untuk me-restart komputer, pada windows versi ini juga dapat digunakan untuk menutup program aplikasi yang sedang dijalankan.
6. Fitur Drag & Drop mulai digunakan sehingga pengguna komputer tidak perlu lagi melakukan operasi copy-paste untuk memindahkan atau menduplikat sebuah file.
7. Fitur Objek Linking and Embeeding (OLE)memungkinkan pengguna komputer untuk berinteraksi antar program yang berbeda, misalnya meng-copy isi file dalam ms.Excel kedalam ms.Word.

WINDOWS FOR WORKGROUPS (3.XX) - TAHUN 1992
Sebenarnya ide untuk mengeluarkan sistem operasi berbasis workgroups sudag dimunculkan pada windows 3.1 namun, pengembangan lebih lanjut terdapat pada Windows 3.1.1 versi ini merupakan dari sistem operasi Windows yang berbasis jaringan (Network).

WINDOWS 95 - TAHUN 1995
lompatan terbesar microsoft dimulai pada versi ini. pada Windows 95, mulai dikenalkan konsep start menu programs, yang ditandai dengan adanya tombol start pada pojok kiri bawah layar dektop. pada versi sebelumnya, microsoft menyediakan ftur program manager untuk memudahkan pengguna komputer dalam melakukan manajemen file.
pada Windows 95, konsep program manager dikembangkan menjadi Windows explorer yang digunakan hingga saat ini. selain itu versi ini juga memiliki fasilitas plug and play sehingga perangkat tambahan lain dapat dikenali oleh Windows 95 tanpa menginstall driver-nya terlebih dahulu. Fasilitas pemberian nama file hingga 256 karakter mulai digunakan. Windows 95 sudha disertai dengan fasilitas program internet explorer untuk menjelajah dunia maya lewat internet.

WINDOWS 98 & 98 SPECIAL EDITION (SE) - TAHUN 1998
versi ini merupakan perkembangan dari windows 95. pada versi ini microsoft memberikan tambahan fitur yang lebih stabil dan lengkap

WINDOWS MILLENIUM EDITION (ME) - TAHUN 2000
Windows ME dirancang khusus bagi pengguna komputer rumahan, namun, rupanya versi ini kurang disukai oleh masyarakat karena banyak isu yang beredar bahwa windows ME tidak sekompatibel windows 98SE dalam menjalankan beberapa aplikasi tambahan.

WINDOWS EXPERIENCE (XP) - TAHUN 2001
Langkah revolusioner berikutnya dari microsoft adalah merilis sistem operasi bernama Windows XP. Versi ini merupaka gabungan (merger) antara Windows ME dan Windows yang berbasis NT, Hingga saat ini Windows XP masih merupakan Sistem Operasi terfavorit diindonesia. walaupun Windows Vista pengganti windows XP sudah dirilis tahun 2007 kemarin. alasan utama dari masyakat pengguna komputer adalah tampilan grafis dari windows XP yang sudah terlanjur familiar dan sangat mudah digunakan dibandingkan dengan Windows Vista yang relatif lebih baru.

WINDOWS VISTA - TAHUN 2007
Winddows Vista adalah sistem operasi terbaru sebelum dirilisnya windows 7, fitur - fitur perubahan pada windows vista perubahannya bisa dibilang radikal terutama pada bagian user interface, kemampuan sekuritas juga ditambah oleh microsoft. sehingga pihak microsoft mengklaim versi terbarunya ini lebih stabil aman, dan memanjakan pengguna komputer walaupun menurut banyak orang hal - hal tersebut sudah tredapat pada windows XP.

WINDOWS 7 - DIRILIS TAHUN 2009 / 2010
Menurut kabar yang beredar microsoft membuat windows 7 lebih andal daripada windows Vista. selain itu tingkat responsifitas Windows 7 juga ditingkatkan, serta membuat proses booting dan proses shutdown lebih cepat lagi. pengguna komputer diharapkan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sehari - hari, membuat koneksi dan sinkronisasi antar perangkat lebih mudah, dan menjelajah dunia internet lebih memuaskan. intinya, microsoft ingin mewujudkan apa yang mustahil dilakukan saat ini melalui Windows 7-nya.

Referensi:
Dari Buku
Memperpintar Windows XP penerbit Kawan Pustaka

No comments:

Followers